Senin, 04 September 2017

Review Lamaran

Lamaran saya dan mas J tanggal 21 Mei kemarin berlangsung biasa dan sederhana saja, awalnya saya tidak ingin mengulas tentang vendor-vendor yang kami gunakan, karena kami tidak menggunakan vendor-vendor ternama yang namanya sering muncul di mesin pencarian, tetapi karena kebetulan saya sedang ingin kembali menulis, dan siapa tau ada yang terbantu dengan tulisan (ocehan) saya ini 😊

Persiapan lamaran kami ini dimulai h-1 bulan, tetapi itu pun tidak full, ngurus-ngurusnya paling hanya beberapa hari, setelah selesai acara baru deh mikir buanyak banget kurangnya ( yaudahlah ya, namanya juga pertama dilamar *lho )

1. Makeup :  Eilien Datu  ( @eilien_datu )

Eilien ini temen SMA saya dan mas J, dia lulusan tata rias sebuah kampus negeri di Jakarta, jadi tidak diragukan Eilien pasti udah khatam dunia per-makeup-an, sebelumnya sudah 2x saya di makeup oleh Eilien, waktu saya mau dateng wisudanya mas J dan waktu saya mau dateng wisuda adik saya.
Makeup Eilien tidak terlalu menor, pas lah untuk acara lamaran saya kemarin.
Hari itu Eilien me-makeup saya dan mama saya, ga nyampe 2 jam kami berdua sudah selesai makeup. Magic banget kan?
Beberapa ada yang komentar makeup nya Eilien tidak se flawless MUA MUA kekinian, tapi banyak juga kok yang muji bagus, jadi untuk yang acara di Bekasi, kalo gamau manggil yang jauh-jauh saya cukup merekomendasikan dia.


2.  Hias Seserahan : Nitya Seserahan ( @nityaseserahan ) 

Awalnya saya ingin seserahan itu saat akad nikah saja, tetapi ada masukan dari mama mas J kalo kebanyakan seserahan saat acara lamaran, jadi mulai deh kita cari-cari barang seserahan. Cari barang seserahan itu lama lho girls, jadi jangan disepelin. Untuk budget seserahan biasanya pihak laki-laki akan bilang budgetnya berapa, bisa mereka belikan barang untuk kita, atau yang paling banyak sekarang ini kita pilih sendiri barang yg kita mau, nanti pacar kamu yang bayar, atau kamu pilih sendiri, beli sendiri, nanti di reimburse.
 Seserahan dan angsul-angsul kemarin kami percayakan ke lagi-lagi teman SMA kami (malah temensejak SMP sama mas J), Nitya ini udah dari jaman sekolah terkenal anaknya kreatif (walaupun ternyata ini adalah usaha mamanya) jadi saya langsung percaya aja untuk menghias seserahan di sana, lagi-lagi juga karena di Bekasi, lebih gampang untuk anter dan ambil barangnya. 
Hiasan nityaseserahan bagus-bagus banget, detail, susunan barang dah hiasannya pas deh, semua orang bilang bagus, pengerjaannya juga cepat, bahkan saat H-1 karena mama mas J kasih tambahan 1 paket perhiasan, kita tambahn 1 tray lagi, dan dikerjain saat itu juga, dan keliatannya tetep cantik lho.
Foto by Nitya (nityaseserahan)


3. Ring Box : Yudha Yana ( @yudha.yana )
Ini Vendor yang paling saya suka banget dari lamaran kemarin 👍
H-2 minggu saya baru kepikiran pengen pake kotak cincin yang kekinian, setelah tanya-tanya beberapa akun IG yang jual kotak cincin seperti yang saya mau, semua tidak bisa nerima karena terlalu mepet, sampai akhirnya saya menemukan akun IG Yudha Yana ini, saat itu followersnya baru ratusan, foto di feeds Instagramnya masih dikit, dengan modal "percaya aja lah" saya tanya-tanya dan dia menyanggupi mengerjakan pesanan saya, bahkan kalau saya transfer full payment saya dapat bonus wood log, dan harganya lebih murah dibanding beberapa yang sudah saya hubungi sebelumnya. 
Saat pesanan saya nyampe, saya suka banget sama hasilnya, dan saya liat sekarang followers Instagramnya juga udah naik banyak, jadi gatau juga masih bisa ngerjain pesanan secepat dulu atau tidak, hehehe
 Ringbox by Yudha Yana saat acara lamaran saya

4. Catering :Aam Catering  ( @cateringaam )
Saya dan mama udah mantep pake catering yang deket-deket aja untuk acara lamaran, karena untuk menekan budget juga kita ga pake catering2 yang udah terkenal. Ada dua opsi yang deket dari rumah, kebetulan duaduanya di satu komolek Dukuh Zamrud,  Aam catering nemu di IG dan satu lagi kirana catering karena punya kartu nama nya (lupa dapet dari mana).Urusan catering saya serahin sama mama saya, saat beliau mau cek ke kirana, disana sedang tutup, akhirnya mama saya ke catering aam, mama dan bapa saya ketemu yang punya dan diajak ke rumah makan dan cocok, akhirnya DP saat itu juga, selain prasmanan mama saya juga pesan bakso langganan yang biasa lewat depan rumah sebanyak 150 porsi.
Untuk menu prasmanan dari catering aam, Mama saya pesan Menu 2  ( 45,000/pax)  sebanyak 120 pax, yang menunya antara lain :
1. Nasi Putih
2. Nasi Goreng
3. Sop Kimlo
4. Ayam Balado
5. Daging Lada Hitam
6.Cah Soun
7. Asinan
8 Sambal goreng krecek ( dengan tambahan 2000/pax, karena yang masuk pake sambal kentang )
9. Kerupuk
10. Buah
11. Aneka Snack
12. Aneka Puding
13. Soft Drink
14. Air Mineral

Review Catering Aam saat hari H
Info dari Bude saya, Pihak catering aam datang 2 orang saat acra belum selesai dan langsung beres-beres meja dan masuk-masukin makanan ke dapur. Beberapa kekurangan pada acara kami kemarin. tidak semua kesalahan pihak catering, beberapa mungkin karena kurang koordinasi dari pihak kami.

a. Soft drink sangat sedikit sekali
Kita kurang detail menanyakan, harusnya mungkin tanya dapetnya berapa dan kalo emang sedikit mungkin bakal kita sediakan tambahan sendiri, kemarin ada tetangga yang mau jalan untuk beli ke indomaret tapi semua orang juga udah makan, yaudah udah terlanjur
b. Sambal goreng krecek yang seperti sayur krecek
mama saya sangat kecewa, mama saya mengganti sambal goreng kentang dengan sambal goreng krecek karena saat test food di rumah makan punya catering aam ini ada sambal goreng krecek yang menurut mama saya enak, tapi yang disediakan saat hari H malah sayur santan pake krecek gitu, beda banget. 
c. Menu yang tidak dikeluarkan
Ini yang paling FATAL menurut saya. Setelah acara, saya liat makanan banyak sisa dan sedang dibungkusin yang akan dibagikan ke para tetangga, saya komen kenapa dagingnya sisa banyak sekali, lalu mama saya cerita kalo saat acara makan siang,  bude saya tanya ke mama saya " kamu bilang pesan ayam dan daging? kok ga ada daging?" mama saya kaget, karena memang mama saya masih fokus ke calon besan, baru setelah itu mama saya nemuin mas-mas dari catering aam dan tanya kenapa tidak ada menu daging, makin kaget mama saya jawabannya " kata Ibu, ayamnya dulu yang dikeluarin, takutnya nanti kurang" mama saya bilang lemes saat itu juga, hampir semua orang udah makan, jadi menu orang-orang itu cuma ayam (walaupun ada menu-menu lain seperti saya tulis diatas)
Setelah membagikan semua makanan sisa ke tetangga, mama saya menghubungi bu Aam yang punya catering, kenapa hal seperti itu tidak di konfirmasi terlebih dulu, seandainya dikonfirmasi dulu, kami tidak akan meng-iya-kan, karena yang datang lamaran hanya keluarga dekat yang paling banyak 100 orang, sedangkan kita sudah pesan 120pax.
Masih dibikin kaget lagi saat bu Aam bales, dia bilang tidak pernah menginstruksikan pegawainya untuk tidak mengeluarkan satu menu (daging lada hidap) tersebut, kalopun mau melakukan kaya gitu, dia pasti konfirmasi. Lho kenapa bisa seperti itu, kenapa pegawai melakukan itu tanpa instruksi dari boss nya dan tanpa konfirmasi ke yang punya hajat. 
Pelajaran untuk kedepannya, semua menu dikonfirmasi dulu dengan pesanan, jika ada yang tida sesuai, tanyakan diawal. 

4. Foto dan Video ( Saldy & Rere )
Saldy adalah sahabatnya Ilfa (sahabat saya), karena budget juga terbatas tadinya kami mau pake yg ditawarin catering aam, tapi saya belom pernah liat output mereka, untuk saldy ini saya percaya lah sama yang di bilang Ilfa, yaudah saya minta tolong saldy untuk dokumentasi acara lamaran saya, saat hari H saldy bawa temennya, Rere. 
 Hasil foto dan video mereka bagus, saya dan mas J suka, kalopun ada yang kurang bagus dari foto-fotonya ya karena keadaan rumah dan sekitar rumah yang emang ngga photogenic hehehe.
Ada satu sih yang agak kurang, bukan hasil fotonya, Mereka kurang mengarahkan, kita yang tidak banyak gaya ini jadi bingung kudu piye, terus saat acara tu sodara dan tetangga banyak yang mau ikutan fotoin atau ngerekam, jadinya mereka malah jadi photo boomb deh, dan dari saldy atau rere juga tidak "mengusir" kayanya karena ngga enak, aturan gapapa tuh di usir-usirin ajaaaa, hahaha

 5. MC ( Usatdz Tetangga Rumah )
Mayoritas tetangga kalo lamaran ya pasti minta pak Ustadz ini yang jadi MC, udah standard lah acara seeprti itu, cuma sayang MC ngga ngatur sesi foto, langsung makan-makan aja, jadi lah saya ga punya foto saya para tamu selain foto sama orang tua dan adik saya, sayang banget, padahal keluarga kami banyak hari itu

6. Tenda 
Saya pake tenda biasa punya tetangga, karena dia cuma punya cover bangku plastik, jadi saya pake bangku plastik untuk tamu-tamu, dan saya pesan kursi tiffany 10 pcs di Kirana Catering ( jatuhnya mahal, 125.000/pcs) dan untuk tendanya ngga sampe 3 juta untuk tenda 6x5m dan 4x4m.

7. Dekorasi
Ini vendor yang paling saya sesalkan dari lamaran saya kemarin, saya pribadi sudah ada budget sendiri untuk dekorasi, tetapi bapa saya bilang kalo ada temennya yang punya usaha dekorasi kawinan, pasti lebih murah, memang sih lebih murah, tapi hasilnya juga JAUH BANGET sama yang saya harapanan, ini sih yang bikin nyesel banget,  backdropnya saya kurang suka karena ada kaca bentuk hati kecil-kecil yang agak kurang sreg diliat, akhirnya kita tutup semua pake kain, jadi super simpel tapi yaudahlah, ditambah mereka ngga punya standing flower :( 
dekor minimalis, bunga ala kadarnya
photo by Saldy & Rere



Alhamdulillah acara intinya tetap berkesan sekali buat saya, walaupun kekurangan ada di sana sini, banyak juga kesalahan yang bersumber di kami, seperti kurang koordinasi, karena kami memang tidak menggunakan WO untuk lamaran ini, jadi ya yang kurang-kurang kemarin buat pelajaran kedepannya aja.

Tips untuk yang ingin mengadakan acara lamaran dengan tamu yang agak banyak seperti saya (keluarga mas J keluarga super besar, jadi walaupun isinya cuma keluarga dan tetangga saja acara lamaran kemarin hampir 100 orang tamunya)
1. Kalo mau simple, adakan lah selain di rumah lalu serahkan pada WO
2. Kalau mau tetap dirumah seperti saya, gunakan lah WO jika di rasa anda bukan orang yang pemerhati hal-hal detail
3. Kalau tidak menggunakan WO, tanyakan dan catat semua hal secara detail, kesalahan-kesalahan saya diatas bisa dijadikan contoh, hehe
4. Untuk MC, kamu harus tau acaramu mau kaya gimana, cari MC yang kira-kira sesuai dengan apa yang kamu mau. 

 segitu dulu deh ya celotehan aku, kurang lebihnya mohon maaf.


Love, 

A


2 komentar:

  1. Hallo Akang dan Teteh Calon Penganten,

    Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Balai Sartika Bandung menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan. Dapat bonus-bonus menarik yaitu Logam Mulia 5 Gram dan Honeymoon di Bali!! Semua itu tanpa diundi looohhh…

    Ingin info lebih lanjut bisa langsung hubungi :
    Rosianti,
    WA ( 085624295686 )
    IG ( rosi.hisbalaisartika )
    E-mail ( rosi.hiscorp@gmail.com )

    BalasHapus
  2. Sudah punya rencana nikah tapi masih bingung cari wedding organizer yang tepat? Kami dari HIS K-LINK TOWER GRAND BALLROOM kami sudah menyediakan all in package jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena semua sudah kami yang handle.
    All in package include:
    - Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Bridal
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer
    - Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE JEPANG, LOGAM MULIA)

    For more info and detail:
    Marketing & wedding consultant
    Mira 083899440355 (WA)

    BalasHapus

Fitri Liza - Sanggar Liza ( REVIEW )

Coba ya aku tanya " siapa yang mikirin MUA dulu dibanding Gedung, Catering, Dekor, dll? " Tenang, kamu ngga sendiri, hahahaha ...